Jumat, Desember 12, 2008 | Posted in

S alah satu program penghasil duit (dolar) di internet adalah Google adsense. Pengahasilan ratusan bahkan ribuan dolar dari google adsense saat ini adalah bukan sesuatu yg luar biasa lagi, karena sudah banyak netter yang membuktikannya. Perlu saya sampaikan bahwa google adsense adalah real bisnis dari google, bukan penipuan (scam). Hal ini saya kemukakan karena tidak sedikit program di internet yg menjanjikan iming-iming bayaran yang tinggi, padahal sesungguhnya itu adalah penipuan. Inilah kemudian yg banyak membuat banyak netter frustasi, kemudian trauma dan tidak lagi ingin mencoba berbisnis di internet.



1. Apa itu Google Adsense????

Google adsense adalah layanan iklan yg dimiliki oleh google dimana iklan adsense tersebut bisa ditampilkan di berbagai situs, baik itu yg berbayar maupun yang gratis (blog). Pemilik situs atau blog dapat menampilkan iklan adsense dari google di situs mereka dengan terlebih dahulu mendaftar untuk memperoleh account adsense dari google. Iklan adsense yg ditampilkan bisa dalam bentuk teks, gambar atau keduanya, bahkan video sekalipun.

Iklan adsense yang ditampilkan tersimpan seluruhnya di server milik google, dengan demikian tidak diperlukan tempat yg khusus di web atau blog. Hanya dengan menambahkan kode adsense (java script) dari google atau dengan page element saja, iklan google sudah bisa tampil di web atau blog. Jika setiap orang yg mengunjungi web atau blog tersebut dan kemudian melakukan klik pada iklan-iklan itu, maka pemilik web atau blog tadi akan dibayar, dimana besaran pembayaran tersebut ditentukan oleh google. Jadi google adsense ini bisa menjadi mesin uang bagi anda, dalam keadaan apapun. Tentu setelah memiliki account adsense yang harus dilakukan selanjutnya dalah melakukan promosi sehingga web atau blog adsense tersebut terkenal dan memiliki banyak pengunjung. Semakin banyak orang yang mengunjuni web atau blog anda semakin besar pendapatan yg akan anda dapatkan.

2. Cara memperoleh account adsense

Untuk mendapatkan account adsense, harus mendaftar terlebih dahulu dan memenuhi syarat-syarat yg ditentukan google. Adapun syarat untuk mendaftar adalah :

a. Indvidu/perorangan
b. Korporasi (perusahaan)
c. Untuk perorangan usia minimal 18 Tahun
d. Memiliki web site, baik itu yg berbayar maupun yang gratis (blog)
e. Memiliki koneksi internet sendiri

Jika seseorang memenuhi syarat-syarat itu maka yang bersangkutan bisa mendaftar di www.google.com/adsense.

Nah sebelum saya paparkan bagaimana caranya mendaftar di google adsense, maka saya terlebih dahulu akan menyampaikan pada anda apa-apa yg perlu siapkan sebelum anda mendaftar di google adsense. Syarat mutlak yang harus anda miliki untuk mendaftar adalah anda harus memiliki web site sendiri, bisa yg berbayar dan bisa yg gratis (Blog). Bagi anda yg tidak memiliki web atau tidak memiliki skill mendisain web, saya anjurkan menggunakan blog saja, dan untuk membuat blog silahkan membuatnya di www.blogger.com. Situs penyedia blog ini juga milik google dan biasanya lebih cepat proses pendaftaran diterima jika menggunakan blog dari google. Dengan menggunakan blog berarti anda tidak perlu merogoh kocek, meminta orang lain membuatkan web untuk anda. Artinya anda memulai bisnis ini dengan gratis tanpa mengeluarkan duit sepeserpun. Hal lain yg perlu anda perhatikan dalam membuat blog adalah, disain blog anda secantik mungkin dan usahakan menggunakan bahasa Inggris. Sebenarnya Blog berbahasa Indonesia juga bisa didaftarkan di google adsense, hanya saja tidak semua penerapan adsense dapat di tampilkan di blog yg berbahasa Indonesia, seperti misalnya adsense for content. Di blog yg berbahasa Indonesia hanya bisa ditampilkan adsense for search dan adsense for feed. Untuk kedua adsense ini bayarannya lebih kecil dibandingkan adsense for content. Itulah sebabnya disarankan mendaftarkan blog yg berbahasa Inggris saja. Tetapi perlu diketahui bahwa google tidak membatasi membernya untuk menggunakan lebih dari satu situs atau blog untuk menampilkan adsensenya.

Setiap orang hanya boleh memiliki satu account adsense, tetapi tidak tertutup kemungkinan memiliki beberapa situs atau blog untuk menampilkan iklan adsense di semua situs (blog mereka). Tentu untuk hal tersebut diperlukan keahlian atau petunjuk khusus. Jika anda salah seorang yg berminat untuk mengikuti program google adsense ini, maka silahkan buat blog terlebih dahulu. Posting beberapa artikel ke dalam blog anda tersebut, baik artikel yg berbahasa Indonesia maupun yg berbahasa Inggris. Isinya boleh apa saja, misalnya anda seorang bisnismen, anda bisa memberi petunjuk bagaimana menjadi pebisnis yg sukses, atau anda punya keahlian di bidang marketing, anda bisa menulis artikel di blog anda tentang keahlian anda itu. Khusus untuk artikel berbahasa Inggris kalau anda tidak bisa menulis artikel dalam bahasa Inggris anda bisa mendapatkannya di www.ezinearticles.com. Silahkan pilih artikel yg sesuai dengan bisnis anda, dengan catatan, semua artikel yg anda masukkan ke blog harus tetap mengikut sertakan nama penulisnya, hal ini tentu untuk mencegah anda disebut plagiator atau menciplak hasil karya orang lain.

3. Mendaftar di google adesense

Silahkan buka www.google.com/adsense, dan ikuti langkah-langkah sebagai berikut :

a. Buka situs sebagaimana yg saya sampaikan di atas, klik Sign up now.
b. Setelah klik "Sign up now" maka akan muncul menu Welcome to adsense.
c. Selanjutnya di dalam kotak Web site URL, masukkan alamat blog anda.
d. Selanjutnya, pilih bahasa yg sesuai dengan penggunaan bahasa di blog anda, dan beri contengan pada dua kotak kecil yg ada di bawah kotal select language.
e. Pada contact information, menu account type, pilih individual dan selanjutnya pilih Indonesia pada kotak country of territory.
f. Selanjutnya Masukkan nama lengkap ada di kotak peye name.
g. Masukkan alamat rumah anda (alamat pengiriman ceq), alamat harus valid.
h. Untuk kotak city/Town masukkan nama kota anda misal : Tarakan dst.
i. Masukkan no Hp contoh +628134858585 (pada saatnya google akan hub anda).
j. Pada kotak choose option pilih salah satu, misal friend/colleaque.
k. Di bawah kotak Policies beri contengan ketiga kotak tersebut.
l. Selanjutnya klik submit information.

Setelah itu pendaftaran anda dianggap selesai, selanjutnya, tunggu jawaban dari google mengenai diterima atau tidaknya pendaftaran anda. Biasanya google akan memberikan tenggang waktu 48 jam untuk menjawab permohonan anda itu. Tapi biasa juga jawabannya bisa lebih cepat dari itu. Saya waktu mendaftar di google adsense hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit untuk memperoleh jawaban dari google mengenai diterimanya permohonan pendaftaran saya.

Pihak google akan mengirimkan jawaban persetujuan ke email anda. Jika permohonan anda disetujui anda akan menerima pesan sebagai berikut :

"Welcome to google adsense, In order to verify and submit your information for view, please clikck on link below". Silahkan klik link yg ada dan selanjutnya anda akan dibawah ke halaman baru. Setelah itu anda akan menerima pesan baru dimana google akan melakukan verifikasi terhadap email anda. Setelah itu anda akan akan nampak halaman baru yg memberi ucapan :

Congratulation dst, itu pertanda bahwa account google anda telah sepenuhnya disetujui, dan setelah itu anda akan menerima konfirmasi selanjutnya. Setelah itu anda siap untuk menempatkan kode adsense di web atau blog anda.

Silahkan buka ke www.google.com/adsense, dan masukkan alamat email dan password anda untuk login ke account google anda. Setelah login klik adsense set up, dan untuk selanjutnya ikuti tuntutan yg akan diberikan melalui account anda itu untuk mendapatkan kode adsense yang akan ditempatkan di web atau blog anda.

Setelah kode adsense itu muncul, klik kanan mouse anda dan copy kode tersebut (script html). Langkah selanjutnya buka jendela baru www.blogger.com dan masuk ke web (blog anda). Sign in dengan memasukkan email dan password anda.

Secara rinci mengenai penempatan kode adsense di blog atau web akan dibahas secara terperinci pada edisi tersendiri. Sekarang lakukan seperti apa yg baru saja anda pelajari dari tulisan saya ini. Karena dalam bisnis online, tindakan (praktek) itu sangat perlu. Anda tidak sedang mempelajari sebuah teori yg harus anda hafal di kepala, tetapi paraktek yang akan membuat anda mahir dalam melakukan bisnis ini. Jangan pernah berfikir bahwa ini adalah sesuatu yg sulit dilakukan sehingga anda mudah patah semangat apalagi putus asa. Semua pebisnis juga dulu seperti itu, semuanya terasa susah, mana tidak ada panduan dan bantuan dari orang lain. Semuanya saya pelajari secara otodidak.
Selamat mencoba semoga berhasil. Siapa yg giat insya Allah dia yg dapat, siapa yg menanam maka dia yg akan menuai hasilnya, begitu kata pepatah. Karena itu jangan pernah bosan untuk menanam, karena kalau bukan sekarang esok insya Allah anda akan panen hasilnya. Mungkin sekarang anda belum merasakan manfaatnnya, tetapi insya Allah 2 bulan, 3 bulan 4 bulan dari sekarang, saya yakin anda akan terperangah melihat hasil dari pekerjaan anda.

Selamat mencoba

Category:
��

Comments

0 responses to "APA ITU GOOGLE ADSENSE???"