Sabtu, April 18, 2009 | Posted in

Perkembangan teknologi informasi yang begitu cepat seakan tidak mengenal ruang dan waktu. Pengaruh yang ditimbulknannya pun sangat luar biasa, melingkupi hampir seluruh aktifitas kehidupan manusia dengan berbagai ragamnya, baik itu positif maupun yang negatif. Dunia internet merambah berbagai sektor, mulai dari sekedar mengembangkan hobi, mencari teman, akses terhadap informasi sampai ke dunia bisnis, semuanya tersedia di sana. Banyak orang tidak pernah menyangka sebelumnya bahwa hari ini, internet menjadi peluang baru sekaligus menjadi lahan bisnis yang memungkinkan seserorang mendapatkan hasil lebih daripada bekerja di dunia nyata. Di sektor bisnis online, perkembangan terjadi begitu cepat dari waktu ke waktu. Situs-situs bisnis bermunculan setiap saat, bahkan boleh dikatakan tiada hari tanpa kemunculan bisnis online. Bagi blogger baru seperti saya, hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri untuk menentukan pilihan bisnis online mana yang harus diikuti, karena jika salah pilih, alih-alih keuntungan yang akan didapatkan, malah sebaliknya mungkin buntung alias rugi, dan tinggal capeknya saja yang tersisa .


Varian bisnis online yang begitu banyak tentu harus disikapi dengan hati-hati terutama bagi pendatang baru seperti saya. Karena tidak sedikit pilihan bisnis online yang menipu, alih-alih cari duit melalui bisnis online, salah menentukan pilihan bisnis justru bisa terjadi sebaliknya malah mengeluarkan duit yang tentu saja hanya menguntungkan sipemilik situs bisnis online tersebut. Seperti yang umum kita ketahui bersama, berbagai jenis bisnis online bisa berbentuk MLM, HYIP, Jual E-Book, PPC, PTC, PPL, PAID REVIEW, Affiliate Program, Searching To Get Paid, Online To Get Paid, dan banyak lagi macamnya. Silahkan baca beberapa jenis bisnis online yang sudah saya tulis artikelnya. Pada kesempatan ini saya akan memberikan tips bagaimana memilih bisnis online yang mudah-mudahan dapat membantu menambah penghasilan online sobat, sekaligus meminimalisir kerugian yang mungkin saja timbul sebagai akibat salah dalam menentukan pilihan bisnis. Jika sobat pendatang baru (new blogger)seperti saya, maka hal-hal seperti ini patut untuk dipertimbangkan, antara lain :

  • Pilihlah bisnis online dimana untuk mengikutinya sobat tidak harus mengeluarkan biaya terlebih dahulu. Kalau toh harus membayar, pastikan bahwa bisnis online dimaksud bukan money game (uang bayar uang), tidak menganut asas ponzhi schem (Duit member baru digunakan untuk membayar komisi member lama), dan tidak ada unsur pendholiman di dalamnya. Maksud saya, sobat tidak bahagia di atas penderitaan orang lain.

  • Carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang bisnis online yang akan diikuti, untuk memastikan bahwa bisnis tersebut benar-benar membayar. Caranya, bisa dengan memanfaatkan mesin pencari google untuk mengetahui situs bisnisnya, dan kumpulkan pendapat atau testimoni dari orang-orang yang mengikutinya. Lacak forum-forum yang dijadikan tempat berkumpul para netter yang mengikuti bisnis tersebut.

  • Jangan mudah terpancing dengan iming-iming penghasilan puluhan bahkan ratusan juta perbulan, karena menurut saya, tidak ada bisnis online yang dengan cara instan bisa membuat sobat kaya dalam sekejap (skim cepat kaya).

  • Jangan mudah percaya dengan screen shot penghasilan orang yang mengajak sobat, karena di dunia maya, tidak ada yang tidak mungkin untuk dilakukan. Screen shot sangat mudah direkayasa, dipermak sesuai keinginan yang membuatnya.

  • Secara lebih sprecifik, manfaatkan situs seperti www.who.is untuk mengetahui sejak kapan situs itu beroperasi dan sampai kapan. Karena tidak sedikit situs-situs yang dibuat memang dengan tujuan untuk menipu. Kalau tujuannya sudah tercapai, maka dengan sendirinya situs itu akan hilang dari peredaran karena tidak di update pemiliknya (Contoh Swisscash) yang pernah membuat geger dunia bisnis online. Di situs www.who.is, sobat akan mendapatkan gambaran secara detail mengenai suatu situs bisnis, termasuk informasi masih aktif atau tidaknya situs tersebut.

  • Kata orang bijak, "Malu bertanya sesat di jalan". Bertanyalah kepada orang-orang yang lebih paham seluk-beluk bisnis online, jangan pernah merasa gengsi apalagi malu. Memelihara sikap seperti ini hanya membuat sobat makin tersesat di hutan belantara internet yang tidak akan pernah berkesudahan seiring dengan berjalannya waktu. Jangan pernah merasa kecil dengan orang lain hanya karena sesuatu yang tidak sobat kuasai. Berpeganglah pada prinsip "masing-masing orang diciptakan Tuhan dengan kelebihannya sendiri-sendiri". Kalau orang lain tahu dan sobat tidak tahu, yakinlah bahwa ada hal yang sobat tahu dan mungkin dia juga tidak tahu. Karena itu jangan sekali-kali bersikap sok tahu.

  • Terakhir, jangan pernah berhenti untuk belajar dan terus belajar, karena hanya dengan belajar kita bisa mendapatkan hikmah dari apa yang selama ini tidak kita ketahui.


Demikianlah beberapa tips memilih bisnis online, kiranya dapat bermanfaat bagi sobat, dan tentu bagi pribadi saya. Jika terjadi kesalahan dalam menentukan pilihan bisnis setelah menerapkan cara ini,, maka anggap saja itu sebagai sebuah pembelajaran, karena toh tidak ada yang sempurna di dunia ini. Ingat pepatah "Sepandai-pandai tupai melompat akan jatuh juga". Artinya orang pintar saja memiliki peluang untuk berbuat salah, apatah lagi kita yang memang sedang dalam tahap belajar. Selamat mencoba semoga sukses. Saya dengan senang hati akan berterima kasih jika sobat-sobat bersedia memberikan komentar terhadap beberapa artikel bisnis online yang telah saya tulis di blog sederhana ini. Paling tidak komentar sobat akan memberi motivasi dan inspirasi bagi saya untuk berkreasi lebih baik lagi di masa-masa mendatang, karena terus terang saya juga dalam tahap belajar. Anggap saja kita tukar menukar ilmu dan informasi.

Category:
��

Comments

2 responses to "TIPS MEMILIH BISNIS ONLINE"

  1. rita melisa On 27 Mei 2009 15.45

    artikel bagus. patut untuk direnungkan nih ...

     
  2. agoez3 On 8 Juni 2009 21.20

    wah, aku juga pengin belaajar bisnis online nih mas.
    Btw, modal yang telah mas keluarkan u/ ikut bisnis2 online berapa? dan

    bisnis online ynag mas jalani yang paling produktif apa?

    Sekarang hasilnya dari bisnis online yang mas jalani dah balik modalkah?
    terima kasih mas jawabannya, bisa dikirim lewat email aku di agoez3@yahoo.co.id coz aku juga berkeinginan coba2 hal seperti bisnis online sekarang.