Kamis, Maret 05, 2009 | Posted in

M ungkin sobat-sobat pada bosan ya, karena beberapa pekan ini postingan saya mengenai ciao mulu he he he. Sebenarnya saya sengaja menulis artikel ini, karena saya prihatin dan menganggap hal ini sangat penting untuk kelanjutan keikutsertaan sobat-sobat (termasuk saya) dalam bisnis ini. Sekedar informasi, beberapa minggu ini, jika sobat jeli mengikuti perkembangan di ciao, banyak member dengan posisi tinggi (merah, ungu, dan orange) yang accoutnnya dihapus (remove atau deleted) termasuk account saya (he he he), dan beberapa lainnya dari Indonesia. Untuk member yang lain, saya kurang tau alasannya, tetapi khusus account saya yang satu itu (posisi merah), menurut email yang saya terima dari admin ciao, account saya didelete karena revenge rating atau dendam rating, ada juga rupanya dendam di ciao. Karena ...


itu saya tertarik untuk menulis mengenai apa-apa saja yang dilarang dan dianjurkan untuk dilakukan dalam menjalankan ciao ini. Sebenarnya apa yang mau saya sampaikan ini ada di web ciao (dalam bahasa Inggris tentunya). Saya hanya tidak paham apa sebagian member (dari Indonesia) pernah membacanya, atau mereka tidak mengerti karena dalam bahasa Inggris?. Tetapi saya yakin semua member ciao pinter bahasa Inggris, antah itu aktif atau pasif, buktinya mereka bisa membuat review. Namun dengan pertimbangan tertentu saya fikir tidak salah kalau saya mencoba mengulangnya lagi, yah siapa tau saja ada yang belum memahaminya.

Berikut beberapa hal yang dilarang dan dianjurkan :

I. Menulis Review

Dalam menulis review ada beberapa hal yang harus dijadikan panduan dan patut untuk dipertimbangkan, seperti misalnya kopi paste (copas). ciao tidak menghendaki tindakan seperti ini dilakukan, mungkin pada saat diposting bahkan sampai beberapa hari karena belum ketahuan, sobat merasa aman-aman saja. Nah tentu sangat disayangkan jika sobat sudah terlalu jauh melangkah lalu tiba-tiba pada saat akan log in, muncul pesan "your account has been remove or deleted".

Buatlah review produk berdasarkan pengetahuan sobat, atau lebih baik lagi jika didasarkan atas pengalaman dalam menggunakannya. Silahkan mengulasnya dari berbagai sudut pandang, terutama mengenai kelebihan dan kelemahan/kekurangan produk itu, sehingga yang membacanya memiliki referensi yang cukup dan membantu jika suatu saat ada member atau pengunjung yang ingin membeli produk tersebut. Buatlah ulasan seobyektif mungkin dan tidak terkesan mengada-ada. Argumen ditulis berdasarkan bukti dan pengalaman atau pengetahuan sobat sendiri. Jangan coba-coba contek review member lain, karena begitu ada yang klaim, maka itu artinya kiamat bagi sobat.

II. Memberi Rate (Penilaian)

Silahkan beri rate secara jujur, objektif dan adil tanpa dipengaruhi oleh siapapun termasuk member lain. Misalnya sobat memberi nilai somewhathelpful atau not helpful, atau bahkan off topic tidak masalah, karena mungkin sobat punya alasan lain yang berbeda dengan penulis review. Di ciao justru hal-hal macam ini dibutuhkan, sehingga yang membaca review sekaligus penilaian yang sobat berikan, menjadi acuan bagi member lain untuk lebih jauh mengetahui produk itu.

Menilai review "exceptional" (luar biasa) adalah mencakup semua aspek produk, baik itu kelebihannya, kenyaman, keamanan dalam menggunakan dan hal lain yang relevan, sehingga member atau pengunjung memiliki informasi yang memadai sehingga memutuskan untuk membeli. Penilaian "exceptional" hanya dapat diberikan 5 x 24 jam. Artinya, dalam satu hari sobat hanya bisa memberi rate exceptional sebanyak lima kali. Lebih dari itu adalah pelanggaran dan bisa mengakibatkan penghapusan account.

Menilai "Veryhelpful" (sangat membantu), didasarkan atas penjelasan mengenai fitur produk sehingga pembeli dapat menjadikannya sebagai dasar untuk mengambil keputusan membeli.

Menilai "Helpful" (membantu), jika mendukung pembaca dalam mengambil keputusan untuk membeli, sobat memberikan penilain helpful mungkin karena ada hal-hal yang tidak diketahui atau penulis lupak tentang produk tersebut, dimana sobat mengetahuinya. Dengan kata lain penulis tidak memberikan informasi yang lengkap tentang produk itu.

Menilai "Somewhsthelpful" (kurang membantu), jika penulis memberikan informasi yang sangat sedikit dan tidak akurat, dengan kata lain informasi yang disajikan buruk.

Menilai "Not helpful" (tidak membantu), jika review sama sekali tidak berhubungan dengan produk yang dijadikan objek review, atau review yang ditulis dapat menimbulkan ketersinggungan orang lain.

Menilai "Off topic" (keluar dari topik bahasan), jika review di posting ditempat yang salah dan sama sekali tidak membicarakan produk yang direview.

Hal-hal apa yang harus dihindari pada saat akan memberi rate (penilaian). Jangan pernah memberi rate sebelum membaca review, disamping itu review yang diberikan atas dasar tidak suka (dendam) terhadap member yang telah memberi rate atas review sobat. Jadi penilaian benar-benar fair, objektif dan tidak mengada-ada. Kalau tidak suka atas review yang diberikan pada sobat oleh member lain, padahal sobat merasa sudah maksimal dalam menulisnya, maka sebaiknya rate member itu tidak udah dijawab. (Kasus ini yang menimpa account saya). Selanjutnya jangan bekerja sama dalam hal klik cartel, misalnya sobat dan teman-teman atau kenalan hanya memiliki satu review, kemudian kemudian bekerja sama untuk saling membantu dengan jalan memberi rate review teman untuk meningkatkan peringkat, maka ini termasuk yang tidak dikehendaki, dan ini bisa mengakibatkan dihapusnya account sobat. Berikutnya adalah sobat tidak usah meminta atau mengirim pesan pada teman atau member lain untuk memberi rate review sobat. Biarkan semuanya berjalan secara alami dan tidak direkayasa. Tindakan seperti ini adalah pelanggaran dan ciao tidak pernah memberi peringatan sebelumnya, begitu akumulasi pelanggaran sobat sudah makin banyak, jalan terakhir adalah ciao mengucapkan "sayonara" (selamat tinggal, account dihapus).

III. Panduan Circle of Trust (COT)

Gunakan fasilitas ini untuk memilih penulis favorit sobat, dan jangan setiap orang dijadikan COT hanya dengan asumsi bahwa sobat gampang mengetahui jika member tersebut online. Tindakan seperti ini adalah pelanggaran yang bisa berakibat fatal. Silahkan jadikan COT member yang sobat suka membaca tulisan-tulisannya (reviewnya), dan dengan fasilitas COT ini sobat lebih mudah mengidentifikasi jika member tersebut menulis review baru. Hal lain yang perlu diketahui dari penggunaan fasilitas COT ini adalah, tidak semua member yang menjadikan sobat COT harus sobat balas dengan menjadikannya COT pula, atau sobat mengirimkan pesan agar dijadikan COT oleh member tersebut. Tindakan lain yang tidak dibenarkan adalah saling memberi rate sesama COT dalam kumpulan teman-teman sobat saja, ini diidentifikasi oleh admin sebagai tindakan cartel (bergabung secara-besama-sama "COT" untuk melakukan persekongkolan dalam memberi rate). Akibat yang akan ditanggung oleh pelanggaran ini tidak lain adalah account deleted.

Demikian sobat beberapa hal yang dilarang dan dianjurkan oleh pengelola ciao untuk kepentingan kita bersama. Semoga artikel ini dapat membantu sehingga bisa menjamin kelangsungan keikutsertaan kita dalam bisnis ini untuk waktu yang lama. Bagi mereka yang telah terlanjur dihapus accountnya, silahkan membuat account baru dengan syarat nama, alamat, email, account paypal dan semua data yang sobat berikan waktu mendaftar dengan account yang lama tidak boleh sama.

Setelah saya membaca dengan seksama seluruh ketentuan yang termuat, baik itu di term of condition, privacy policy-nya ciao, saya tidak menemukan adanya larangan bagi anggota yang telah didelete accoutnnya untuk mencaftarr kembali. Demikian pula dengan komputer serta koneksi yang digunakan. Aturan yang saya temukan hanyalah larangan bagi setiap orang untuk memiliki dua account. Artinya, ini bisa ditafsirkan bahwa satu orang satu nama. Disamping itu saya banyak menemukan beberapa member dari luar negeri yang mendaftar kembali setelah account mereka dihapus. Jadi kesimpulannya, peluang masih tetap ada karena itu jangan putus asa.

Selamat mencoba.

Wassalam

Category:
��

Comments

2 responses to "LARANGAN DAN ANJURAN CIAO"

  1. Unknown On 7 Maret 2009 pukul 21.34

    makasih infonya sgt manfaat

     
  2. Unknown On 8 Maret 2009 pukul 06.10

    yaaaah benar info yang sangat membantu, moga makin banyak rejeki.