Kamis, April 23, 2009 | Posted in

Bisnis online bagi sebagian orang mungkin merupakan hal baru, apalagi jika orang tersebut bertempat tinggal di tempat yang jauh dari akses internet seperti di kampung-kampung atau di tempat-tempat terpencil. Tetapi bagi penduduk kota-kota besar, bisnis online bukanlah barang baru dan tidak asing lagi bagi mereka, meskipun kenyataannya, tidak semua penduduk kota besar melek internet apalagi bisnis online. Semuanya sangat tergantung pada frekwesi dan tujuan seeorang mengakses internet. Seperti yang pernah saya tulis sebelumnya bahwa sebenarnya, internet adalah peluang dan dapat dijadikan sebuah pilihan bisnis, bahkan dapat dilakukan dengan purna waktu (silahkan baca Internet Sebuah Pilihan Bisnis) . Hanya saja menggeluti bisnis online atau bisnis dengan memanfaatkan teknologi internet tidak semudah yang dibayangkan, karena itu setiap orang yang akan menggeluti bisnis online harus memiliki pengetahuan tentang hal ini lebih dahulu melalui proses belajar tentunya. Pada kesempatan ini, saya akan memberikan gambaran secara singkat bagaimana memulai membangun bisnis online atau cara cari duit melalui internet. Apa yang saya tulis ini semuanya berdasarkan pengalaman pribadi selama menggeluti bisnis online. Tapi sebelum itu perlu saya sampaikan bahwa, saya bukanlah seorang yang hebat, menguasai segala-galanya tentang bisnis online, karena terus terang saya memulainya dari nol alias tidak punya ilmu sama sekali dan sampai saat ini saya masih terus dan terus belajar. Adapun panduan yang saya tulis ini khusus bagi pemula, karena sifatnya memang sangat dasar sekali.


Untuk memulai terjun ke dunia bisnis online, sebagai langkah awal, seseorang harus memiliki komputer atau yang biasa disingkat PC (Personal Computer), lebih baik lagi jika memiliki note book atau laptop, yang dilengkapi dengan akses untuk melakukan koneksi internet (saat ini banyak ISP yang bisa dugunakan jasanya), seperti INDOSAT, TELKOMSEL, ESIA, PT. TELKOM dan lain-lain. Sebenarnya bisa menggunakan jasa warnet, hanya saja untuk bisnis online tertentu kadang-kadang IP atau internet protokol yang bersifat umum biasanya ditolak. Karena itu saya sarankan sebaiknya gunakan saja koneksi sendiri. Langkah kedua adalah, membangun web site (situs), baik itu yang berbayar maupun yang gratis seperti blog saya ini. Ada sih bisnis online yang tidak memerlukan web site, tetapi jika ingin menjadi pebisnis online yang profesional, maka memiliki web site adalah mutlak. Apa manfaat web site ini untuk mendukung bisnis online anda?. Web site berfungsi sebagai media atau sarana yang sangat penting, layaknya rumah atau kantor, bahkan bisa menjadi semacam toko, dimana web site dapat digunakan untuk menyimpan produk yang akan dijual sekaligus dapat dijadikan tempat untuk melakukan promosi. Sebagai pebisnis online pemula, saya sarankan sebaiknya menggunakan web site gratis atau blog saja dulu. Untuk membuat blog secara gratis silahkan kunjungi situs -situs berikut seperti BLOGGER, WORDPRESS, BLOGDETIK dan lain-lain.

Dalam hal pembuatan web site atau blog, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan, seperti misalnya pemilihan template, pemilihan judul, penentuan alamat URL blog, isi atau content dan beberapa hal lain yang berkaitan dengan prinsip-prinsip dasar Search Engine Optimization (SEO). Hal ini bermanfaat untuk memudahkan agar web site atau blog anda dapat dengan mudah terindex di Google atau mesin pencari lainnya.

Langkah ketiga setelah anda memiliki web site gratis atau blog adalah, menentukan pilihan bisnis online yang akan digeluti, karena bisnis online banyak macam ragamnya. Maksud saya saya begini, jika memilih metode seperti cara bisnis konvensional, maka anda harus punya produk yang bisa dijual. Contoh yang marak saat ini adalah bisnis menjual buku elektronik atau biasa dikenal dengan nama E-Book. Dalam bisnis online, produk tidak harus berupa barang, bisa berupa ide, keahlian, trik, informasi, atau apa saja yang sifatnya menjual dan menjadi kebutuhan orang banyak.

Dalam dunia bisnis online dikenal beberapa jenis bisnis antara lain :

  1. Pay Per Click (PPC)

  2. Pay Per Lead (PPL)

  3. Pay Per Sale (PPS)

  4. Pay Per Search (PPS)

  5. Pay To Click (PTC)

  6. Paid Review

  7. Online to Get Paid

  8. Read Mail to Get Paid, dan lain-lain



Beberapa pilihan bisnis seperti yang saya sebutkan di atas, dapat anda ikuti dengan membaca beberapa artikel sebagai berikut :

  1. PPC Bersama AdsenseCamp

  2. Bisnis PTC Uniq

  3. Menulis Review Dibayar

  4. Menulis Artikel Dibayar

  5. Klik Link Dibayar

  6. Adsense Indonesia

  7. Dollar di AdclickMedia

  8. Duit Gampang



Daftar di atas hanya sebagian kecil dari bisnis online yang bisa anda dapatkan di internet, dan di blog saya ini masih ada beberapa artikel lagi yang bisa anda baca, terkait dengan bisnis online yang ingin anda ikuti dalam rangka membangun bisnis online anda.

Langkah terakhir dalam membangun bisnis online adalah dengan melakukan promosi bisnis. Inilah kunci sukses anda berbisnis di dunia maya. Karena itu anda harus memahami trik-trik berpromosi melalui internet. Peran web site atau blog yang anda miliki sangat penting untuk menunjang aktifitas promosi yang dilakukan. Karena hanya melalui web site atau blog itulah orang lain di luar sana dapat mengenal siapa anda, dan apa yang anda lakukan. Untuk itu, silahkan baca kembali artikel tentang cara mempromosikan bisnis online anda di sini.

Selamat mencoba semoga sukses.
Selesai

Category:
��

Comments

1 Response to "MEMBANGUN BISNIS ONLINE"

  1. JO On 25 April 2009 pukul 23.04

    dicoba ah, thanks wat infonya ya ;)