Selasa, Februari 10, 2009 | Posted in

S obat, tema kita kali ini adalah tips promosi bisnis. Untuk memperkenalkan bisnis sobat, tidak ada jalan lain kecuali melakukanpromosi bisnis sobat ke orang lain. Promosi bisnis bisa dilakukan dengan dua cara, off line dan online, silahkan pilih mana yang baik menurut sobat. Artikel ini akan lebih banyak mengetengahkan tips promosi bisnis secara online. Tentu dengan tujuan untuk membantu promosi bisnis sobat sehingga dikenal banyak orang. Menurut saya, promosi bisnis adalah ilmu dasar dalam membangun jaringan bisnis yang kuat, dan promosi bisnis ini yang sering disebut dengan marketing, karena inti marketing itu sebenarnya adalah promosi bisnis. Pertanyaannya sekarang adalah, "Bagaimana tips promosi bisnis online yang handal, dalam rangka membangun jaringan bisnis yang kuat?. Silahkan sobat baca sampai tuntas penjelasan mengenai promosi bisnis dalam artikel ini. Tetapi sebelum berbicara mengenai tips promosi bisnis, saya mengajak sobat untuk bisa memahami hakekat dari bisnis itu sendiri.

Beberapa artikel tentang trik mengumpulkan duit dari internet sudah saya tulis, mudah-mudahan sobat-sobat sudah menjalankannya. Karena bagaimanapun juga inti dari semua artikel yang sobat sudah dapatkan itu adalah kemauan untuk melakukan aksi atau bahasa gampangnya praktek. Semua trik itu tidak akan ada gunanya jika sobat tidak mempraktekkannya. Saya perlu sampaikan bahwa beberapa trik yang sobat sudah dapatkan itu bukan trik instan cepat kaya, atau bahasa lainnya, hari ini dipraktekkan besok jadi kaya. Hal semacam itu hanya ada dalam dongeng atau cerita fiksi, karena ini bukan wangsit atau mantra yang bisa membuat sobat kaya dalam sekejap. Perlu dipahami bahwa prinsip bisnis yang berlaku di dunia nyata juga berlaku di dunia maya ini. Omong kosong itu kalau ada yang bilang punya trik yang bisa membuat anda kaya dalam sekejap, apalagi kalau jual e-book. E-book itu hanya akan membuat kaya si empunya e-book, bukan sobat. Jadi sekali lagi bahwa inti dari semua trik itu adalah praktek. Jangan terpengaruh dengan kata-kata yang sobat lihat pada beberapa web site, seperti misalnya : "trik menghasilkan uang 100 juta dalam sebulan, semilyar dalam enam bulan, atau program cepat kaya dan sebagainya. Dalam dunia bisnis bahasa itu namanya bahasa promosi atau bahasa iklan, supaya orang yang membacanya tertarik membeli e-booknya. Banyak netter di Indonesia bahkan di dunia ini yang jualan e-book lewat internet. Tidak salah....karena itu juga bagian dari bisnis online. Pesan yang saya ingin sampaikan pada sobat adalah bahwa di bisnis online tidak ada itu program cepat kaya, yang ada adalah membangun asset, sistem untuk menjadi kaya.


Saya katakan ini karena banyak orang di luar sana yang mengatakan "ah capek, hasilnya kecil, gimana mau kaya dengan hasil seperti itu". Memang betul hasilnya kecil, tapi ingat yang besar itu berawal dari kecil juga kan???, tinggal bagaimana caranya untuk membesarkan yang kecil itu. Sobat tau program adsense dari google itu bayarannya juga kecil, google tidak langsung membayar dengan ratusan atau ribuan dollar terhadap layanan adsensenya, awalnya dari $0.1 dan seterusnya sampai menjadi besar. Nah begitu juga dengan trik yang sudah sobat dapatkan itu juga perlu usaha atau trik untuk membesarkannya. Karena itu jangan terpaku dengan nilai yang kecil sehingga membuat sobat patah semangat dan tidak mau mempraktekkannya.

Nah pada kesempatan ini saya ingin memberi sedikit tips promosi bisnis, bagaimana membuat hasil yang kecil dari trik yang sudah sobat dapatkan itu menjadi besar. Hanya saja tetap harus ada kemauan dan kerja keras untuk mewujudkannya. Saya perlu sampaikan bahwa kekuatan sebuah bisnis baik itu di dunia nyata atau di dunia maya terletak pada networking (jaringan). Bisnis yang tidak memiliki basis jaringan yang kuat hasilnya bisa dipastikan akan begitu-begitu saja. Karena itu untuk membangun sebuah bisnis yang kuat maka harus seiring dengan membagun jaringan yang kuat pula. Membangun jaringan pada prinsipnya harus melibatkan orang lain di luar kita, bisa dipastikan bahwa bisnis yang dilakukan secara sendiri-sendiri (single fighter) hasilnya pasti tidak memuaskan. Gak usah jauh-jauh, lihat saja bisnis perbankkan, semuanya melebarkan sayapnya kemana-mana. Mulai dari membuka cabang yang banyak, membiayai sektor property, kredit, pembiyaan sektor real, deposito dan banyak macamnya. Ini menunjukkan bahwa bisnis yang dibangun itu harus seiring dengan membangun jaringan. Oleh karena itu sobat mesti sejak sekarang sudah harus membangun jaringan bisnis pula, bagaimana caranya, inilah yang saya kemas dalam tulisan dengan judul seperti di atas. Melakukan promosi sesungguhnya adalah awal dari membangun sebuah jaringan.

Nah sekarang bagaimana membangun sebuah jaringan agar hasil dari trik yang sobat jalankan itu bisa besar?, jawabannya adalah tentu sobat harus melakukan promosi, bisa secara offline dan online. Di sini saya hanya akan memberikan tips promosi secara online. Untuk mempromosikan beberpa trik yang sobat sudah dapatkan itu bisa dilakukan dengan beberapa cara antara lain :

1. Iklankan URL sobat di situs-situs yang menyediakan fasilitas iklan gratis.

Di Indonesia ada ratusan situs iklan gratis yang bisa sobat gunakan seperti misalnya :

a. www.sentra-iklan.com
b. www.pasangiklangratis.com
c. www.ajangiklan.com
d. www.promolaris.com
e. www.iklanindonesia.net
f. www.iklanads.com
g. www.gratisiklan.net

Untuk mengatahui situs lainnya sobat bisa melakukan searching, bisa di homepage, scour, atau juga google. Sebaiknya gunakan homepage atau scour karena akan menambah penghasilan sobat. Sobat juga bisa menghubugi saya untuk mendapatkannya. Saya memiliki informasi situs-situs iklan gratis di Indonesia dan juga Malaysia yang memiliki traffic pengunjung cukup padat yang bisa membantu sobat dalam melakukan promosi.

2. Melalui web site atau blog

Saya sarankan gunakan blog aja dulu karena membuat blog itu gratis dan mudah. Tentu sobat harus belajar bagaimana membuat blog sederhana. Bisa di blogger, bisa di wordpress atau lainnya. Sebaiknya sobat gunakan blogger karena lebih mudah dan ada versi bahasa Indonesianya. Nanti setelah mahir dan karena tuntutan profesionalisme bisnis, sobat bisa melangkah ke tahap berikutnya dengan memiliki web site dengan domain sendiri.

Setelah memiliki blog, silahkan buat tulisan tentang bisnis sobat itu, pasang URL nya, bannernya, lalu blog itu di promosikan. Promosi blog bisa di lakukan dengan mendaftarkan blog sobat itu di search engine seperti google, yahoo, msn dan lain-lain. Bisa juga blog sobat itu di iklankan di situs-situs iklan gratis.

3. Melalui blogwalking

Nah untuk cara yang satu ini sobat harus banyak mengunjungi blog-blog orang lain, kemudian tinggalkan nama dan alamat blog sobat di situ, sehingga blog sobat pun akan dikunjungi. Dengan begitu secara tidak langsung sudah memperkenalkan bisnis sobat.

Sekarang coba sobat fikirkan, jika sebuah trik yang hasilnya kecil tapi yang mengikutinya banyak orang sebagai hasil dari promosi yang sobat lakukan dan mereka semua bergabung melalui link sobat, bukankah hasilnya akan besar juga???. Inilah yang saya maksud tadi bagaimana membuat yang kecil jadi besar.

Nah sobat...selamat mencoba dan semoga sukses, jangan lupa untuk terus mengikuti serial informasi bisnis di sini. Insya Allah akan ada trik-trik baru selanjutnya.

Wassalam

Category:
��

Comments

2 responses to "TIPS PROMOSI BISNIS ANDA"

  1. Ratno38 On 18 Februari 2009 pukul 20.41

    Betul juga tuh tips-nya bung Syamsul, O ya, aku dah daftar baca email dibayar dolar lho!!
    Trim's atas tips and triknya.

     
  2. Yusi Setiawati On 6 Juni 2009 pukul 20.23

    Apa benar jadi reseller ebook cuman memperkaya si pembuat ebook? Bagaimana kalau komisi bagi reseller 100%?
    http://strategi-internet-marketing.blogspot.com/2009/06/promo-harga-spesial-rahasia-website.html

    http://www.rahasiawebsitepemula.com/?id=yusisetiawati